Waspada Penyakit Kanker Penis

apa-itu-kanker-penisKanker penis adalah kondisi medis yang ditandai dengan kelainan pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit penis dan organ seksual pada pria. Memang belum banyak pria yang mengalami kanker pada penis akan tetapi hal ini perlu Anda ketahui sebagai pembelajaran supaya merawat penis Anda dengan baik.

Untuk penyebab kanker penis ini diduga penyebab utamanya adalah smegma (cairan berbau seperti keju, yang terdapat di bawah kulit depan glans penis). Tetapi penyebab yang pasti yang menyebabkan kanker penis memang belum di ketahui karena masih dalam tahap penelitian.

Pria yang belum di sunat yang tidak menjaga kebersihan di daerah bawah kulit depan glans penis dan pria yang pernah menderita herpes genetalis memiliki resiko yang tinggi terhadap penyakit kanker penis ini.

Untuk gejala kanker penis di tandai dengan , luka pada penis, luka yang terbuka pada penis, dan rasa nyeri pada penis dan pendarahan pada penis apabila sudah dalam stadium lanjut.

Diagnosa di tegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada penis tampak luka yang menyerupai jerawat atau kutil pada area organ vital pria. Dan untuk memperkuat seseorang terkena kanker penis atau tidak biasanya akan dilakukan biopsy supaya mendapat kejelasan yang pasti tentang penyakit yang di derita oleh pria.

Untuk pengobatan dalam mengatasi penyakit kanker penis ini memang beragam, tergantung dari dari lokasi dan beratnya tumor yang di derita oleh orang yang mengalai penyakit kanker penis ini. Dan biasanya yang di lakukan untuk mengatasi penyakit kanker penis ini adalah melakukan kemoterapi untuk mengangkat tumor dalam organ vital pria, juga bisa dilakukan pembedahan apabila tumornya terbatas pada daerah kecil di ujung penis, dilakukan penektomi parsial (pengangkatan sebagian kecil penis). Apabila penyakit kanker penis sudah dalam tahap stadium lanjut maka akan dilakukan penektomi total disertai uretrostomi (pembuatan lubang uretrayang baru di daerah perineum). Dan untuk pengobatan yang terakhir bisa juga dilakukan terapi penyinaran, terapi penyinaran dilakukan setelah pengangkatan tumor yang terlokalisir dan tumor yang belum menyebar ke bagian lainnya. Namun jika dilakukan penyinaran menyebabkan efek samping yang akan memepengaruhi nafsu makan Anda, merasakan lelah, iritasi dan kulit menjadi kemerahan, cedera atau luka bakar pada rektum, sistisis dan hematuria. Pernyinaran biasanya dilakukan sebanyak 5 kali/minggu selama kurun waktu 6-8 minggu.

Itulah sedikit informasi yang bisa Anda jadikan sebagai pelajaran untuk selalu menjaga kesehatan semua organ tubuh Anda.

error: Content is protected !!